kimi@net lihat situs sponsor

Sabtu, 19 Agustus 2017  
 
  LIPI
depan
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Bar Code DNA Tak Terlihat
frd

Untuk pertama kalinya di dunia, para ilmuwan Korea berhasil menciptakan barcode yang tak terlihat mata dan bisa dipakai di mana saja. Setelah delapan tahun melakukan penelitian, tim ilmuwan dari Seoul National University (SNU) yang beranggotakan para profesor dan pakar kimia Rabu lalu mengumumkan penemukan Nano DNA-Barcode System (NDBS).

"Peranti mengagumkan ini tak terlihat mata (invisible) tapi bisa dipakai di mana-mana. Invisibilitasnya mencegah pemalsuan informasi seperti perubahan password. Tingkat keamanan dan kerahasiaannya benar-benar tinggi," terang Choy Jin-ho yang memimpin proyek ini di Laboratorium Nasional Nanohibrid Material SNU.

Cara kerjanya, DNA (deoksiribonuklead acid) yang dienkapsulasi disebarkan ke produk seperti minyak, cat, hasil pertanian, atau ternak. DNA ini tidak akan rusak karena enzim atau panas saat produk didistribusikan. Sehingga, informasi tentang produk bisa diperoleh dari molekul-molekul nano melalui cara yang disebut polimerase chain reaction (PCR).

"Sayuran organik dan minyak diacak (enkripsi) dengan kode genetik yang membawa semua informasi tentang produk, seperti asalnya, detail kualitas dan suplier. Ini memungkinkan produk diidentifikasi dan dilacak dengan sangat mudah," terang Profesor Choy.

Menurutnya, dengan teknologi yang sama, kita bisa menggunakannya untuk berbagai tujuan. Misalnya, mengenali adanya tagihan bon atau uang palsu jika pada bon aslinya telah diberi DNA nanohibrid yang tak terlihat mata saat dibuat. Choy mendapatkan paten atas peranti barcode DNA ini tahun lalu di Korea Selatan. (koreatimes/frd)

Sumber : Jawa Pos (17 Agustus 2004)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 18 Desember 2004

 

- sejak 1 September 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI