kimi@net lihat situs sponsor

Kamis, 19 Oktober 2017  
 
  LIPI
depan
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Tim Olimpiade Kimia Indonesia Dapat 4 Medali
AS/E-5

PRESTASI membanggakan diraih Tim Olimpiade Kimia Indonesia (TOKI) di ajang internasional. Tim yang diwakili empat siswa SMU tersebut meraih satu medali perak dan tiga medali perunggu dalam International Chemistry Olympiad (IChO) yang berakhir Minggu (13/7) di Athena, Yunani.

Ari Yustisa Akbar dari SMUN Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah, meraih medali perak, sedangkan Teddy Salim (SMU Sutomo I Medan), Damar Yoga Kusuma (SMUN I Temanggung, Jawa Tengah), dan Cipto Liusman (SMUK Karunia Jakarta) masing-masing memperoleh medali perunggu.

Ketua tim TOKI Riwandi Sihombing dari Universitas Indonesia (UI) mengatakan, prestasi tahun ini merupakan peningkatan yang cukup berarti.

Tahun lalu dari empat siswa yang dikirim hanya diperoleh satu medali perunggu dan tahun 2001 hanya meraih satu medali perak dan satu medali perunggu.

"Prestasi ini di luar dugaan. Meskipun belum berhasil mendapat medali emas, tetapi dalam keikutsertaan yang relatif pendek, siswa kita berhasil meraih prestasi," katanya.

Keikutsertaan Indonesia dalam ajang itu dimulai sejak 1997. Sementara IChO sendiri sudah berlangsung sejak 1968.

Olimpiade tahun ini diikuti 59 negara dan 232 peserta. Indonesia dijadwalkan menjadi tuan rumah penyelenggaraan IChO pada 2010.

Sumber : Suara Pembaruan (13 Juli 2004)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 18 Desember 2004

 

- sejak 1 September 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI