kimi@net lihat situs sponsor

Sabtu, 19 Agustus 2017  
 
  LIPI
depan
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Harapan Baru Peringatan Dini Gempa
ads

REYKJAVIK - Pemandian timah di tebing pantai utara Eslandia menjanjikan bagi penelitian peringatan dini gempa bumi. Pada pemandian air panas untuk penyembuhan penyakit seperti psoriasis, ternyata memiliki perubahan kimia beberapa waktu sebelum gempa. Gejala ini diperkirakaan dapat membantu menghitung mundur terjadinya gempa.

Sesuatu yang sampai kini masih belum bisa diprediksi oleh ilmu pengetahuan. Menurut laporan Simon Johnson dari kantor berita Reuters, teori yang melandasi ini adalah terjadinya perubahan tekanan dan pergerakan pada patahan geologi di tengah Atlantik sebelum gempa. Perubahan ini yang mengubah ciri kimia pada air di dalam lapisan permukaan bumi.

Pada September 2002 di mana terjadi gempa skala 5,8 Richter di dekat Husavik, tempat pemandian tersebut. "Terjadi konsentrasi kimia pada air sampai 1.000 persen," Johnson mengutip Lillemor Claesson dari Universitas Stockholm dan pusat penelitian gunung api Nordic di Reykjavik. Pendapat ini juga dipublikasikan pada jurnal Geology, dari masyarakat geologi Amerika.

"Sepuluh minggu sebelum gempa kami menemukan puncak kandungan chrom dan besi. Kemudian lima minggu sebelumnya mangan meningkat besar-besaran. Dua minggu sebelumnya zinc serta seminggu sebelumnya tembaga memuncak," jelas Claesson.

Sumber : Sinar Harapan (8 Desember 2004)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 1 Januari 2005

 

- sejak 1 September 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI