kimi@net lihat situs sponsor

Sabtu, 19 Agustus 2017  
 
  LIPI
depan
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Berkah Tekuni Kimia
roz

Menekuni satu bidang secara serius bisa mendatangkan berkah. Itu dirasakan Anita Rachmawati, yang mengaku suka pada bidang studi kimia.

Siswa SMA 1 Sidoarjo tersebut terpilih menjadi salah satu di antara tiga wakil Jawa Timur dalam seleksi International Chemistry Olympiad (ICO) di Taiwan tahun depan. Untuk terbang ke Taiwan, Anita masih harus menyisihkan 27 calon lain dari seluruh Indonesia.

Saat ini, Anita menunggu hasil tes 30 calon tersebut. Semua calon merupakan almunnus Olimpiade Sains Nasional di Pekanbaru Agustus 2004 lalu. "Berat juga sih, tapi penuh tantangan," aku gadis kelahiran 11 Februari 1987 itu.

Gara-gara ikut seleksi di Universitas Indonesia pada akhir November hingga awal Desember lalu, Anita harus belajar buku-buku kimia setingkat mahasiswa. Soalnya, materi tes seleksi yang akan dilombakan ICO di Taiwan setara dengan materi perkuliahan mahasiswa di Indonesia. Padahal, lomba kimia itu setingkat SMA. "Untunglah perpustakaan sekolah punya," tambah alumnus SMP 1 Sidoarjo ini.

Sumber : Jawa Pos (6 Januari 2005)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 8 Januari 2005

 

- sejak 1 September 2004 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI